Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan dan Aturan Konsumsinya

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan dan Aturan Konsumsinya

Gurubaca.com. Semua orang mengetahui bahwa manfaat air putih sangat penting bagi manusia. Sekitar 60-70% tubuh dari orang dewasa terdiri dari air putih yang memiliki peranan penting bagi tubuh.

Jika seseorang kekurangan asupan air putih maka akan menimbulkan gangguan pada fungsi organ tubuh, salah satunya yaitu menyebabkan dehidrasi.

Dehidrasi sendiri merupakan suatu kondisi ketika cairan tubuh yang hilang lebih banyak daripada yang dikonsumsi.

Manfaat Air Putih

Membiasakan minum air putih dapat menjaga tubuh agar tetap sehat. Berikut adalah beberapa manfaat air putih bagi tubuh.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Minum air putih dapat menjaga tubuh dari dehidrasi dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Hal ini dikarenakan air putih memainkan peran penting dalam menjaga tubuh tetap sehat dan memastikan semua fungsi organ berjalan semestinya.

2. Membantu kelancaran proses regenerasi sel

Manfaat ini dapat diperoleh karena minum air putih pada dasarnya akan memastikan darah membawa banyak oksigen, yang kemudian didistribusikan ke sel-sel di seluruh tubuh.

3. Membantu proses pembersihan racun

Minum air putih hangat sebelum tidur dapat membersihkan tubuh dari racun yang tidak diinginkan.

Air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah, membantu tubuh memecah limbah, dan meningkatkan keluaran keringat. sehingga akan menghilangkan kelebihan garam atau racun dan membersihkan sel-sel kulit.

4. Menghindari gangguan pada ginjal

Air putih dapat membantu melarutkan kalsium dalam urine, sehingga meminimalkan terjadinya batu ginjal. Minum air putih secara teratur membantu racun dalam tubuh menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

5. Meningkatkan kinerja otak dan energi

Pada jurnal yang dipublikasikan pada National Library of Medicine, ditemukan bahwa pada wanita muda kehilangan cairan 1,36% setelah berolahraga, sehingga mengganggu suasana hati dan konsentrasi serta meningkatkan frekuensi sakit kepala.

Selain itu, pada pria muda menunjukkan bahwa kehilangan cairan 1,59% merusak memori kerja dan meningkatkan perasaan cemas dan kelelahan.

Ketika otak berfungsi dengan baik dapat membuat Anda lebih fokus, sehingga mudah berkonsentrasi dan tetap dalam keadaan terjaga atau waspada.

Cara Konsumsi Air Putih

Berikut ini beberapa cara mengonsumsi air putih dengan benar.

1. Ketahui jumlah asupan air yang perlu Anda konsumsi

Salah satu anjuran kesehatan yang cukup terkenal yaitu minum air delapan gelas sehari. Ada berbagai faktor yang menyebabkan kebutuhan air setiap orang menjadi beda, seperti umur, berat badan, dan rutinitas.

Anjuran minum air putih delapan gelas sehari ini bisa dianggap tidak sepenuhnya benar, karena setiap orang memiliki kebutuhan minum yang berbeda-beda jumlah takaran setiap harinya.

2. Biasakan untuk duduk saat minum

Ketika Anda minum sambil duduk, air akan turun ke usus secara lebih perlahan dan juga akan menyebabkan lambung lebih mudah mencerna makanan.

Sebaliknya, jika Anda sering minum sambil berdiri dapat membahayakan kesehatan ginjal. Air yang masuk dari mulut, akan cenderung langsung menuju saluran kandung kemih tanpa adanya penyaringan.

3. Kurangi konsumsi air dingin

Air dingin, apalagi yang mengandung es punya probabilitas untuk menyebabkan kontraksi pada pencernaan.

Hal ini dapat terjadi karena adanya perbedaan suhu yang jauh antara tubuh dengan air yang dikonsumsi.

4. Buat jadwal

Dengan minum air putih secara rutin dan terjadwal, maka asupan tubuh Anda pun akan selalu terpenuhi oleh kebutuhan air putih secara maksimal untuk kesehatan tubuh.

Hal yang perlu diingat, jangan minum air putih satu gelas langsung. Cobalah untuk mengonsumsi air putih secara bertahap, sambil nafas, lalu ulangi lagi, untuk menghindari tersedak.

Waktu yang Tepat Untuk Minum Air Putih

Kenyataanya, mengonsumsi air putih di waktu-waktu yang tepat dapat meningkatkan efektivitas dan manfaatnya.

Berikut ini, waktu yang tepat untuk minum air putih.

1. Setelah Bangun Tidur

Saat tidur, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama kurang lebih 7-8 jam. Ketika bangun, umumnya kita akan merasa haus yang merupakan indikasi tubuh telah kekurangan cairan.

Selain itu, meminum air putih di pagi hari juga memperlancar metabolisme dan membantu membuang racun dalam tubuh.

2. Sebelum Mandi

Kesegaran air putih apabila dipadukan dengan kehangatan air yang didapat ketika mandi akan mencairkan kandungan Natrium dalam tubuh sehingga menurunkan tekanan darah.

3. Sebelum Makan (Pagi, Siang, Malam)

Minum air putih ketika proses makan berlangsung malah melemahkan kinerja cairan pencernaan. Waktu yang tepat untuk meminum air putih adalah 30 menit sebelum makan.

Jika konsumsi air putih terlalu banyak makan dapat mengganggu proses pencernaan karena dapat mengganggu proses pelarutan makanan dan enzim-enzim dalam perut untuk mencerna makanan.

4. Ketika Anda Merasa Lelah

Anda pasti sudah tahu bahwa 60% tubuh manusia terdiri dari air. Ini berarti, sebagian besar kinerja tubuh kita bergantung pada air.

5. Sebelum, Saat, dan Setelah Berolahraga

Menjalani gaya hidup sehat berarti menjaga keteraturan berolahraga. Ketika kita berolahraga, tubuh akan berkeringat dan itu berarti cairan dalam tubuh juga akan berkurang.

Minumlah air putih dengan porsi sesuai anjuran untuk mencegah dehidrasi, sekaligus meningkatkan daya otot tubuh.

6. Sebelum Tidur

Minum air putih malam hari sebelum tidur dapat mengembalikan cairan yang hilang akibat lelah beraktivitas sepanjang hari. Persediaan air putih yang cukup juga akan membuat Anda tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

7. Ketika Anda Sakit

Air putih juga berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika Anda sedang sakit, umumnya membutuhkan air lebih banyak agar cairan tubuh seimbang, misalnya saat demam.

Demikian sekilas informasi mengenai manfaat air putih untuk kesehatan serta aturan konsumsinya. Semoga bermanfaat.

2 Replies to “Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan dan Aturan Konsumsinya

Tinggalkan Balasan