Mengenal Keamanan Siber: Ancaman dan Solusi

Mengenal Keamanan Siber: Ancaman dan Solusi

Pendahuluan

Keamanan Siber – Di zaman sekarang ini, komputer adalah sebuah kebutuhan. Anda membutuhkannya untuk bekerja, untuk hiburan, dan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Namun, ada ancaman yang di hadapi komputer Anda setiap hari. untuk melindungi diri Anda dari ancaman tersebut.

Pengertian

  • Apa yang di maksud dengan keamanan siber?
  • Keamanan siber adalah praktik mencegah, mendeteksi, dan merespons aktivitas kriminal pada jaringan komputer. Hal ini melibatkan perlindungan jaringan dan informasi dari serangan.
  • Apa yang di maksud dengan kejahatan siber?

Kejahatan siber mengacu pada aktivitas ilegal yang melibatkan komputer atau jaringan. Ini termasuk peretasan ke dalam sistem, mencuri data pribadi seperti nomor kartu kredit atau pencurian identitas melalui platform media sosial seperti Facebook dan Twitter (phishing), mengirim email dengan lampiran malware (spamming), memposting artikel berita palsu secara online yang dapat mempengaruhi pemilihan umum, dll.,

Ancaman

Ancaman adalah potensi bahaya apa pun terhadap keamanan organisasi. bersifat alamiah atau buatan manusia, tidak di sengaja atau di sengaja, internal atau eksternal bagi organisasi Anda.

Jika Anda bertanya-tanya apa arti dari semua istilah tersebut, kami akan menjabarkannya untuk Anda di bawah ini:

  • Ancaman alam adalah sesutu yang terjadi secara alami di dunia sekitar kita – seperti gempa bumi dan angin topan. Peristiwa-peristiwa ini berada di luar kendali manusia (untuk saat ini), sehingga di anggap sebagai “tindakan Tuhan”. Ancaman alam meliputi: gempa bumi; banjir; angin topan/topan/siklon; tornado; tsunami; gunung berapi/Gempa bumi

Peran keamanan siber

Keamanan siber adalah perlindungan jaringan komputer, program, dan data dari akses yang tidak sah, pencurian, atau perusakan. Ini juga merupakan proses yang melibatkan perlindungan organisasi Anda dengan menerapkan kebijakan dan prosedur untuk mencegah serangan siber. Keamanan siber bukanlah sesuatu yang bisa Anda outsource. ini adalah upaya tim mengharuskan semua orang di organisasi Anda untuk ikut menjaga keamanan informasi Anda dari bahaya.

Keamanan siber merupakan proses yang berkelanjutan: Anda harus selalu meninjau langkah-langkah keamanan Anda sehingga jika ada serangan terhadap jaringan atau perangkat Anda (seperti laptop), maka bisa segera di tambal sebelum terjadi kerusakan. Lingkungan di sekitar kita terus berubah – ancaman baru muncul setiap hari – jadi penting bagi para profesional keamanan siber seperti saya untuk terus mengikuti perkembangan terbaru dengan membaca jurnal industri seperti CIO Magazine atau menghadiri konferensi seperti RSA Conference 2019!

Solusi keamanan siber

Meskipun Anda tidak bisa berbuat banyak untuk menghentikan peretas yang menargetkan organisasi Anda, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi dampaknya. Berikut ini adalah ikhtisar dari beberapa solusi keamanan siber yang paling umum:

  • Firewall: Firewall adalah perangkat lunak atau perangkat keras yang melindungi data organisasi dengan memblokir akses yang tidak sah.
  • Antivirus: Program antivirus melindungi komputer Anda dari virus yang merupakan program jahat.untuk merusak atau menginfeksi komputer dan jaringan. Jika virus menginfeksi satu komputer virus dapat menyebar dari komputer melalui jaringan tersebut. bahkan menyebar melalui Internet jika ada cukup koneksi di antara komputer-komputer tersebut. Perangkat lunak antivirus memindai file untuk mencari tanda-tanda infeksi saat di akses oleh pengguna, jadi jika ada sesuatu yang tidak terdeteksi pada awalnya (yang kadang-kadang terjadi), program ini akan menangkapnya sebelum kerusakan terjadi.* Anti-malware: Tujuannya serupa tetapi berbeda dengan program antivirus karena mereka tidak hanya mendeteksi ancaman yang ada, tetapi juga mencari ancaman baru ketika muncul.* Anti-spam: Spam merujuk secara khusus

pesan email yang tidak di minta yang di kirim secara massal melalui akun email tanpa izin. pesan-pesan ini dapat berisi tautan yang mengarahkan penerima. dari situs web yang sah ke situs web berbahaya. banyak virus yang dapat membahayakan komputer. Anti-spyware: Spyware merujuk secara khusus pada

program ini memantau aktivitas web dan mencuri informasi. seperti kata sandi yang di gunakan secara online. Perlindungan kode berbahaya mencakup aplikasi anti-virus dan anti-malware.

Kesimpulan

Tidak di ragukan lagi bahwa komputer adalah bagian penting dari kehidupan kita. Komputer membantu kita dalam banyak hal, termasuk pekerjaan dan hiburan. Jika Anda ingin melindungi komputer Anda dari ancaman-ancaman ini, maka sebaiknya Anda menyewa seseorang yang dapat melakukannya untuk Anda.

You might also like