Pengertian Metode Pembelajaran, Jenis-jenis, dan Tujuannya

Pengertian Metode Pembelajaran, Jenis-jenis, dan Tujuannya

Gurubaca.com. Di dalam mempermudah dan membantu proses pembelajaran, maka guru perlu menerapkan metode pembelajaran.

Penerapan metode pembelajaran penting dilakukan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif.

Metode pembelajaran merupakan proses yang dirancang secara sistematis oleh tenaga pendidik atau guru dalam menyampaikan suatu materi kepada siswa.

Guru menggunakan metode pembelajaran agar memiliki rencana dan sistem pembelajaran yang akan diterapkan dalam proses pembelajaran kedepannya.

Metode pembelajaran merupakan upaya atau cara untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam kegiatan nyata, agar tujuan yang telah disusun tersebut dapat tercapai secara optimal.

Guru harus memilih metode pembelajaran yang tepat agar peserta didik ikut serta secara efektif dan memiliki rasa semangat serta kemauan yang tinggi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

Selain itu, peserta didik lebih memahami materi, karena metode pembelajaran yang guru gunakan sesuai, sehingga materi pembelajaran bisa tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. Sebelum memilih metode pembelajaran, guru harus memahami terlebih dahulu karakteristik peserta didik.

Apabila metode pembelajaran yang guru itu tidak sesuai dengan kemampuan peserta didik, dapat mengakibatkan terhambatnya kemampuan pemahaman dari peserta didik itu sendiri.

Jenis-jenis Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran diterapkan guna mencapai tujuan pembelajaran yang lebih efektif. Berikut adalah beberapa jenis metode pembelajaran.

1. Metode pembelajaran diskusi

Metode pembelajaran diskusi merupakan sistem pengajaran yang berhubungan dengan permasalahan yang membutuhkan pemecahan masalah.

Pemecahan masalah tersebut bisa secara berkelompok dan saling berdiskusi mengenai suatu masalah serta mengungkapkan pendapat atau statement.

Di dalam metode ini, peserta didik bisa saling bertukar pikiran dan pendapat satu sama lain dengan tujuan mendapatkan gagasan yang sama tentang suatu permasalahan.

2. Metode tanya jawab

Metode tanya jawab merupakan metode pembelajaran yang sangat komunikatif antar pengajar maupun pelajar.

Kegiatan mengajar ini penuh dengan tanya jawab antara peserta didik maupun guru, yang menimbulkan adanya hubungan timbal balik secara langsung dari keduanya.

3. Metode resitasi

Metode resitasi adalah metode pembelajaran yang menggambarkan peserta didik dapat secara mandiri dan memahami suatu materi secara mandiri.

Hal ini dapat peserta didik lakukan di luar jam sekolah maupun di sekolah. Sebagai contoh, guru menjelaskan materi, maka setelah itu peserta didik  meringkas materi. Metode ini dapat meningkatkan kemandirian dan rasa tanggung jawab oleh peserta didik.

4. Metode demonstrasi

Metode demonstrasi merupakan pembelajaran yang akan guru dengan cara praktik secara langsung baik dari peserta didik maupun guru secara langsung.

Biasanya, metode ini akan membuat peserta didik lebih fokus dan cepat memahami materi. Kegiatan ini biasanya mengandung informasi berupa materi atau teori yang lebih detail serta biasanya menggunakan media pembelajaran.

5. Metode ceramah

Metode ceramah adalah suatu metode pembelajaran yang  menyampaikan materi kepada peserta didik dan bersifat konvensional.

Kelebihan metode ini sangat praktis, akan tetapi guru harus bisa menggunakan metode ceramah yang menarik agar peserta didik tertarik mencermati serta tidak mudah bosan.

Tujuan Metode Pembelajaran

Berikut ini adalah beberapa tujuan metode pembelajaran.

1. Memudahkan guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik.

2. Mempermudah mengenai strategi yang akan guru gunakan.

3. Membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan, sehingga memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.

4. Dapat mengembangkan kreativitas serta pemikiran peserta didik secara individu.

5. Memudahkan proses serta hasil kegiatan pembelajaran.

Demikian ulasan mengenai pengertian metode pembelajaran, jenis-jenis, dan tujuannya, Semoga bermanfaat.

6 Replies to “Pengertian Metode Pembelajaran, Jenis-jenis, dan Tujuannya

Tinggalkan Balasan