Pengertian Robotika: Mengenal Dasar-dasar dan Konsep-konsepnya

Pengertian Robotika: Mengenal Dasar-dasar dan Konsep-konsepnya

 SelanjutnyaPendahuluan

Pengertian Robotika – Robot sudah ada sejak lama. Awalnya, mereka hanya menjadi bagian dari film fiksi ilmiah dan acara TV. Sadar atau tidak, robot terlibat dalam aktivitas sehari-hari Anda. Jadi, apa itu robotika? Robotika adalah studi dan desain mesin yang dapat melakukan tugas secara mandiri atau semi-independen tanpa interaksi manusia. Kata “robot” pertama kali sebagai kata dalam bahasa Ceko yang berarti “pekerja” oleh Karel Capek dalam dramanya yang berjudul RUR (Rossum’s Universal Robots). Dalam artikel ini kita akan membahas apa itu robotika, jenis-jenis yang ada saat ini dan ke mana robot dapat membawa kita di masa depan!

Definisi – Pengertian Robotika

  • Apa itu Robotika?

Robotika adalah bidang studi yang berfokus pada desain, konstruksi, dan pengoperasian robot. Robot adalah mesin yang dapat melakukan tugas-tugas tertentu. Robot banyak industri seperti manufaktur otomotif dan perakitan elektronik untuk tugas-tugas seperti mengelas atau mengeluarkan pasta solder ke papan sirkuit tercetak (PCB). Mereka berguna untuk di rumah untuk hal-hal seperti menyedot debu di lantai atau menyiram tanaman. Penggunaan robotika telah meningkat karena kemajuan teknologi dari waktu ke waktu yang menyebabkan harga yang lebih terjangkau bagi konsumen yang menginginkan produk ini tetapi tidak mampu membelinya.

Robotika vs Otomasi

Robotika dan otomasi sering di gunakan secara bergantian, tetapi keduanya bukanlah hal yang sama. Selanjuta Robotika adalah cabang teknik yang berhubungan dengan desain, konstruksi, dan pengoperasian robot. Bidang ini juga mencakup sub-bidang seperti mekatronika (integrasi sistem mekanis dengan elektronik) dan kecerdasan buatan. Otomasi adalah bagian dari robotika: ini hanyalah salah satu jenis sistem kontrol yang di gunakan oleh robot. Dengan kata lain, jika Anda ingin menggunakan robot untuk tujuan otomatisasi (seperti jalur perakitan), maka Anda akan memerlukan sistem kontrol otomatis untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar.

Robot dapat melakukan tugas-tugas seperti mengangkat beban berat atau melakukan gerakan berulang; tugas-tugas ini mungkin berbahaya bagi manusia karena membutuhkan kekuatan di luar kemampuan manusia yang dapat di capai secara alami melalui otot saja. Robot juga tidak cepat lelah seperti manusia setelah melakukan aktivitas dalam waktu lama, sehingga mereka adalah kandidat ideal untuk jenis pekerjaan yang membutuhkan daya tahan lebih dari sekadar kecepatan atau akurasi.

Sejarah Robotika di Dunia Modern

Sejarah robotika adalah sejarah yang panjang dan bertingkat, dengan akar yang menjangkau kembali ke peradaban kuno. Bahkan, bisa di katakan bahwa robot pertama di buat ribuan tahun yang lalu oleh manusia! Konsep kecerdasan buatan (AI) juga sudah ada sejak zaman kuno – dan teknologi saat ini masih mengandalkan banyak konsep yang di kembangkan oleh Aristoteles dan para pemikir lain dari zaman kuno.

Di zaman modern, robotika di mulai sebagai cabang dari penelitian AI pada tahun 1950-an ketika para ilmuwan mulai menyelidiki bagaimana komputer dapat di program untuk melakukan tugas-tugas seperti bermain catur atau memecahkan masalah matematika tanpa campur tangan manusia. Bidang ini kemudian berkembang di luar fokus yang sempit ini ke berbagai bidang seperti otomasi manufaktur; saat ini bidang ini mencakup aplikasi industri seperti jalur perakitan otomatis dan produk konsumen seperti mobil tanpa pengemudi dan drone.

Jenis-jenis Robot

Dalam bagian ini, kita akan mencermati sebagian jenis robot yang paling umum.

  • Lengan robot: Ini digunakan di pabrik dan gudang untuk melakukan tugas-tugas sederhana seperti mengambil kotak atau memindahkan barang. Mereka juga digunakan di lingkungan medis untuk membantu operasi, seperti melakukan prosedur rutin pada pasien yang mengalami kesulitan menggerakkan ekstremitas karena cedera atau penyakit.
  • Robotika di luar angkasa: NASA telah mengembangkan robot selama beberapa dekade sekarang! Mulai dari robot penjelajah yang menjelajahi planet lain (seperti Mars) hingga robot perbaikan satelit yang memperbaiki satelit yang mengorbit saat mengalami kerusakan – semuanya berkat para astronot yang ramah di lingkungan kita!
  • Kendaraan robotik: Kendaraan robotik bisa digunakan untuk apa saja, mulai dari mengangkut barang jarak jauh tanpa harus dikemudikan manusia sepanjang hari (yang bisa jadi sangat membosankan). membantu petani dengan menanam tanaman secara lebih efisien daripada yang bisa dilakukan manusia sendirian (dan tanpa mengacaukan tanaman apa pun saat musim tanam), merawat ternak seperti sapi dan domba sehingga petani tidak perlu meluangkan waktu untuk bekerja (atau hal-hal penting lainnya) setiap hari… dan masih banyak lagi… daftarnya masih panjang!

Sifat Fisik Robot – Pengertian Robotika

Robot terbuat dari bahan yang berbeda, robot di rancang untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

Robot dapat di gunakan di berbagai industri yang berbeda, termasuk manufaktur dan perawatan kesehatan. Anda mungkin pernah mendengar beberapa robot populer yang di gunakan orang setiap hari: Roomba (untuk menyedot debu), Alexa (untuk otomatisasi rumah) atau Baxter (untuk perakitan).

Robot Virtual vs. Robot Fisik

Robot virtual dan robot fisik, yang merupakan istilah yang mungkin pernah Anda dengar sebelumnya, mengacu pada perbedaan antara robot yang di kendalikan perangkat lunak dan robot fisik. Itu juga mengacu pada robot yang hanya ada sebagai program di komputer atau ponsel Anda. Anda dapat memprogram robot jenis ini dengan tugas tertentu, robot ini tidak akan bergerak sendiri.

Robot fisik mengacu pada robot fisik yang telah terprogram oleh perangkat lunak dan kemudian menggunakan perangkat keras (seperti motor).

Sehingga dapat melakukan tugas-tugas tersebut dalam kehidupan nyata! Sebagai contoh: jika Anda membuat mobil otonom menggunakan ROS (Robot Operating System). Maka mobil tersebut di anggap sebagai robot fisik karena pergerakannya di kendalikan oleh perangkat lunak. Kalau ingin mobil otonom mengendarai dirinya sendiri di kota tanpa melibatkan hal lain kecuali koordinat GPS yang di kirim melalui koneksi Wi-Fi dari komputer laptop di rumah tempat kita duduk menonton Netflix!

Kesimpulan – Pengertian Robotika

Ada banyak jenis robot, dan mereka datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Beberapa di antaranya di rancang untuk melakukan tugas fisik, sementara yang lain lebih cocok untuk lingkungan virtual. Perbedaan fungsionalitasnya, memiliki karakteristik yang sama, yaitu dapat bergerak sendiri tanpa campur tangan manusia (atau setidaknya interaksi manusia yang minimal).

Artikel ini memberikan gambaran umum tentang konsep-konsep ini sehingga Anda dapat lebih memahami bagaimana mereka bekerja sama.

You might also like