Peradaban Yunani: Sejarah dan Puncak Prestasi

Peradaban Yunani: Sejarah dan Puncak Prestasi

  Pendahuluan – Peradaban Yunani

Peradaban Yunani – Sejarah Yunani adalah salah satu yang paling menarik di seluruh Eropa. Dari peradaban Minoa hingga Kekaisaran Bizantium. Yunani memiliki masa lalu yang panjang dan penuh cerita yang mempengaruhi perkembangan budaya Barat hingga hari ini. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa peristiwa besar yang membentuk peradaban Yunani. Selama berabad-abad keberadaannya. peristiwa tersebut memengaruhi dunia secara luas. Anda akan meninggalkan artikel ini dengan pemahaman tidak hanya tentang apa artinya menjadi orang Yunani. Banyak orang yang terus memikirkan masa lalu budaya mereka dengan rasa hormat hingga saat ini!

Peradaban Yunani Pra-Klasik

Periode Pra-Klasik adalah masa sebelum Yunani Klasik. Di mulai dengan bangsa Minoa, yang merupakan peradaban pertama yang berkembang di Yunani. Bangsa Minoa tinggal di Kreta dan merupakan pelaut yang berdagang di seluruh wilayah Mediterania. Mereka membangun masyarakat yang kompleks yang berpusat di sekitar istana dan memiliki sistem penulisan yang di sebut Linear A (yang baru di uraikan pada tahun 1952).

Bangsa Mycenaean mengambil alih setelah sekitar tahun 1700 SM ketika mereka menaklukkan Kreta, mungkin karena kekeringan atau kelaparan yang di sebabkan oleh terlalu banyaknya lahan yang tersedia untuk bertani; hal ini mungkin membuat mereka beralih ke jalur perdagangan laut sebagai sumber pasokan makanan alternatif. Peradaban Mycenaean bertahan hingga tahun 1200 SM ketika di serbu oleh bangsa Doria dari daratan Yunani yang membawa di alek mereka sendiri – sebuah peristiwa yang di kenal sebagai “invasi Doria”.

Periode Kuno – Peradaban Yunani

Sejarah Yunani yang dikenal sebagai jaman Archaic membentang dari sekitar 700 hingga 480 SM. Selama periode ini, bangsa Yunani mendirikan koloni pertama mereka di Sisilia dan Italia selatan. Mereka juga mulai berdagang dengan Mesir, yang berada di bawah kendali Persia sejak 525 SM.

Peradaban Klasik berlangsung dari 480-323 SM dan ditandai dengan ekspansi cepat Yunani. pengaruhnya melalui kolonisasi di seluruh Eropa Timur, Asia Kecil (Turki modern), Afrika Utara, sebagian besar Eropa Selatan termasuk Sisilia, Italia, dan Spanyol. Karya sastra utama yang ditulis pada masa ini adalah epos Homer, Iliad (tentang Perang Troya) dan Odyssey (tentang perjalanan pulang Odiseus setelah sepuluh tahun berperang melawan Troy).

Yunani Klasik

Zaman Keemasan Athena adalah sebuah periode dalam sejarah Yunani yang berlangsung dari akhir Perang Persia hingga pecahnya Perang Peloponnesos, sekitar tahun 490-430 SM. Zaman ini di tandai dengan berkembangnya filsafat, sastra, dan seni yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang di sebut sebagai “Renaisans Athena.”

Selama masa ini, Athena menjadi negara kota terkemuka di Yunani Kuno dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan demokrasi. Periode ini juga menandai perubahan signifikan dalam arsitektur Yunani karena beralih dari konstruksi post-and-lintel ke gayanya sendiri yang sekarang di kenal sebagai Arsitektur Doric Order.

Periode Helenistik – Peradaban Yunani

Pada periode Hellenistik, budaya Yunani berkembang dan menyebar ke sebagian besar dunia yang di kenal. Negara-negara kota yang telah berdiri sendiri selama periode Archaic dan Klasik sekarang menjadi bagian dari lanskap politik yang lebih besar. Orang-orang Yunani terus tinggal di kota-kota mereka, tetapi mereka juga memperluas wilayah mereka ke negeri-negeri baru seperti Mesir dan Anatolia (Turki).

Kekayaan kota-kota Hellenistik tumbuh karena mereka berdagang dengan satu sama lain dan dengan negara-negara lain. Sebagian besar perdagangan ini di lakukan melalui jalur darat daripada melalui laut karena banyak kota yang tidak memiliki pelabuhan yang cukup besar untuk kapal-kapal besar; namun, beberapa kota memiliki pelabuhan di mana kapal-kapal dapat berlabuh jika di perlukan – salah satu contohnya adalah pelabuhan Rhodes di Pantai Lindos saat ini!

Kekaisaran Romawi dan Bizantium

Kekaisaran Romawi adalah kekaisaran yang paling kuat di dunia kuno. Sehingga Kekaisaran ini membentang dari Spanyol hingga Irak, dan pengaruhnya terhadap budaya modern masih dapat di rasakan hingga saat ini. Kekaisaran Bizantium adalah kelanjutan dari Kekaisaran Romawi berlangsung selama lebih dari 1.000 tahun. hingga runtuhnya pada tahun 1453 Masehi (Era Umum).

Kesimpulan

Bangsa Yunani Kuno adalah bangsa yang luar biasa yang telah memberikan banyak kontribusi pada dunia yang kita tinggali saat ini. Mereka membangun demokrasi, menemukan banyak teknologi, dan menulis beberapa karya sastra terbesar dalam sejarah. Warisan yang mereka tinggalkan benar-benar besar. bisa jadi lebih besar lagi jika karena perang yang mereka lakukan satu sama lain.

You might also like