Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan

Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan

Pendahuluan

Teknologi pendidikan adalah – Peran teknologi dalam pendidikan adalah subjek yang telah di bahas selama bertahun-tahun dan terus di perdebatkan hingga saat ini. Teknologi memiliki potensi untuk mengubah cara kita belajar dan berinteraksi dengan orang lain. Tetapi ada juga banyak kekhawatiran tentang bagaimana teknologi mempengaruhi otak dan tubuh kita. Akibatnya, banyak sekolah telah mengadopsi kebijakan yang membatasi akses siswa ke teknologi di luar jam pelajaran. Selama zona belajar yang di tentukan (misalnya, laboratorium komputer). Namun, beberapa orang percaya bahwa pendekatan ini bermasalah karena membuat siswa kehilangan kesempatan berharga untuk belajar mandiri. Di luar lingkungan tradisional di mana mereka mungkin merasa lebih nyaman berinteraksi dengan teman sebaya daripada orang dewasa.

Sejarah

Sejarah pendidikan sama tuanya dengan peradaban manusia. Bahkan, dapat di katakan bahwa pendidikan adalah salah satu bentuk aktivitas manusia yang paling awal. Pendidikan di era modern telah di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi politik, ekonomi, dan sosial, yang telah menghasilkan empat periode yang berbeda: kuno; abad pertengahan; periode renaisans / pencerahan dan modern (abad ke-18 dan seterusnya).

Pada periode kuno, pendidikan terutama di tujukan untuk dapat membaca dan menulis. Faktanya, ini adalah tujuan utama sebagian besar peradaban kuno.Fokus utamanya adalah mengajarkan anak-anak keterampilan yang mereka butuhkan untuk dapat membaca dan menulis. Bangsa Yunani kuno adalah salah satu peradaban pertama yang memperkenalkan pendidikan dasar, yang di wajibkan bagi semua warga negara.

Peran teknologi dalam pendidikan

Teknologi adalah sebuah alat, dan dapat di gunakan untuk meningkatkan pendidikan. Teknologi telah di gunakan dalam pendidikan selama berabad-abad, sejak zaman Socrates dan Aristoteles. Bahkan, mereka mungkin akan terkejut dengan banyaknya teknologi yang kita miliki saat ini! Guru-guru masa kini menggunakan teknologi untuk berkomunikasi dengan siswa dan orang tua mereka dengan cara yang tidak mungkin di lakukan sebelumnya:

  • Mereka dapat mengirimkan pesan dengan cepat dan mudah melalui email atau akun media sosial seperti Facebook atau Twitter
  • Mereka dapat memposting tugas secara online sehingga siswa dapat mengaksesnya kapan saja dari mana saja melalui ponsel atau komputer mereka
  • Orang tua dapat memeriksa kemajuan anak-anak mereka dengan melihat nilai dari tes yang di ambil secara online

Contoh

Teknologi telah mengubah cara kita belajar. Teknologi telah menjadi bagian integral dari pendidikan dan di gunakan dalam berbagai cara.

Tablet, laptop, ponsel, dan komputer adalah alat yang umum di gunakan oleh siswa untuk mengakses informasi di mana saja dan kapan saja. Siswa dapat menggunakan platform media sosial seperti Facebook dan Twitter untuk berbagi pemikiran mereka dengan teman-teman di seluruh dunia. Mereka juga dapat menggunakan platform ini untuk berkolaborasi dengan teman sekelas dalam mengerjakan proyek, mendiskusikan ide, atau bertanya tentang topik yang paling menarik bagi mereka!

Penggunaan teknologi di dalam kelas telah menjadi tren yang populer di kalangan pendidik. Para guru sekarang dapat memasukkan teknologi ke dalam pelajaran mereka sehingga siswa dapat belajar dengan lebih efisien dan efektif. Sebagai contoh, guru dapat menggunakan alat multimedia seperti video, animasi, infografis, dan permainan untuk membantu siswa memahami konsep dengan lebih cepat dan mudah.

Teknologi pendidikan adalah – Kesimpulan

Dengan semua perubahan yang terjadi di dunia pendidikan, penting bagi kita untuk mengingat apa yang paling penting: siswa. Teknologi adalah alat yang luar biasa yang dapat membantu kita menjangkau lebih banyak siswa dan memberikan pendidikan yang lebih baik kepada mereka. Namun teknologi bukanlah obat mujarab untuk semua masalah. Kita perlu memastikan bahwa teknologi baru ini di implementasikan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan lebih banyak masalah daripada yang di pecahkan.

You might also like