Perkembangan Internet of Things : Contoh Aplikasi dan Manfaatnya

Perkembangan Internet of Things : Contoh Aplikasi dan Manfaatnya

Pendahuluan

Contoh Internet Of Things – Jaringan perangkat yang saling terhubung. Di mana setiap perangkat dapat berkomunikasi dengan perangkat lain dan juga manusia. IoT di gunakan di berbagai bidang, seperti manufaktur dan logistik.

Contoh Internet Of Things – Definisi

Istilah “Internet of Things” pertama kali di ciptakan pada tahun 1999 oleh Kevin Ashton, yang saat itu bekerja di Proctor & Gamble. Istilah ini dapat di definisikan sebagai sebuah sistem di mana benda-benda fisik terhubung ke internet dan dapat saling bertukar data. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengumpulkan dan berbagi informasi tentang lingkungan sekitar mereka. Dapat di gunakan untuk berbagai tujuan seperti otomatisasi atau peningkatan layanan yang di sediakan oleh perusahaan. IoT memiliki banyak aplikasi yang memberikan manfaat bagi konsumen dan bisnis.

Contoh Internet Of Things – Sejarah

Sejarah internet of things adalah sejarah yang panjang, dengan banyak penemu dan perkembangan dari waktu ke waktu. Sehingga bisa di katakan bahwa semuanya di mulai pada tahun 1969. Ketika para peneliti Xerox PARC mengembangkan Ethernet (protokol yang di gunakan untuk menghubungkan komputer). Juga menciptakan beberapa komputer pribadi pertama. Namun, baru pada tahun 1991 ketika Tim Berners-Lee mengembangkan Hypertext Markup Language (HTML), yang memungkinkan pengguna untuk melihat dokumen di browser web mereka, kita mulai melihat Internet modern saat ini.

Pada tahun 1999, ZigBee Alliance di dirikan oleh perusahaan-perusahaan seperti Philips Electronics N.V., Microsoft Corporation, dan Intel Corporation sebagai standar terbuka untuk jaringan nirkabel berdaya rendah yang dapat di operasikan dengan standar 802.15.[1] Pada tahun 2002, Steve Jobs dari Apple Inc. merilis iPhone 2G dengan kemampuan konektivitas Bluetooth,[2] yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat mereka secara nirkabel melalui headset atau speaker Bluetooth.[3] Hal ini kemudian di ikuti dengan fitur Navigasi Google Maps yang di tambahkan pada ponsel Android[4], yang membantu orang-orang untuk menavigasi berbagai kota tanpa harus menuliskan petunjuk arah.[5]

Contoh Aplikasi

Internet of Things memiliki banyak aplikasi. Yang paling umum adalah:

  • Rumah Pintar – Rumah pintar dapat di lengkapi dengan sensor yang memantau suhu, kelembapan, dan kualitas udara di rumah Anda. Sensor ini juga dapat mendeteksi ketika Anda meninggalkan rumah atau memasukinya sehingga dapat menyesuaikan lampu secara otomatis dan menurunkan biaya pemanasan.
  • Smart City – Kota yang menggunakan sensor untuk mengumpulkan data tentang pola lalu lintas dan tempat parkir akan mendapatkan keuntungan dari teknologi ini dengan meningkatkan infrastruktur transportasinya. Sensor di gunakan di kota-kota untuk memantau segala sesuatu mulai dari keselamatan publik, kualitas udara, hingga arus lalu lintas – dan sensor membantu kota menjadi tempat yang lebih efisien untuk di tinggali dengan membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi waktu nyata, bukan berdasarkan asumsi tentang bagaimana segala sesuatunya berjalan hari ini (atau kemarin).

Industri – Sensor dapat di gunakan dalam pengaturan industri untuk memantau peralatan dan mesin. Misalnya, sensor dapat mendeteksi ketika sebuah peralatan membutuhkan servis atau perbaikan, sehingga dapat di tangani sebelum terjadi kerusakan.

Manfaat Internet of Things

  • Meningkatkan efisiensi
  • Mengurangi biaya
  • Meningkatkan produktivitas
  • Meningkatkan keamanan, transparansi, dan akuntabilitas

Kesimpulan

Internet of Things adalah perkembangan menarik yang akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat. Ini adalah bidang yang berkembang pesat, dan kita bisa berharap untuk melihat lebih banyak lagi aplikasi di masa depan.

You might also like